Selasa, 10 September 2024

MENJAUHI SIKAP HIDUP YANG TERCELA MATERI KELAS X

Nama                     : H. Rahmattulloh, S.Pd.I, M.Pd                  

Mata Pelajaran     : Pendidikan Agama Islam

Fase / Kelas           : E / X 

Elemen                   : Akhlak

Kelas                       : X.9                

Pertemuan             : Ke-9        


Materi: Menjauhi sikap hidup tercela seperti berfoya-foya, riya, sumah, takabur dan hasad

Pembelajaran Capaian: 

      Pada akhir fase E, peserta didik mampu menganalisis manfaat menghindari akhlak maẑmūmah; membuat karya yang mengandung konten manfaat menghindari sikap maẑmūmah; meyakini bahwa akhlak maẑmūmah adalah larangan dan akhlak mahmūdah adalah perintah agama; serta membiasakan diri untuk menghindari akhlak maẑmūmah dan menampilkan akhlak mahmūdah dalam kehidupan sehari-hari


Tujuan Pembelajaran


  • ·       Menganalisis pengertian dan contoh perilaku berfoya-foya, riya’, sum’ah, takabur, dan hasad.

    ·       Menganalisis manfaat dan cara menghindari perilaku berfoya-foya, riya’, sum’ah, takabur dan hasad.

    ·       Menguraikan dalil menghindari perilaku berfoya-foya, riya’, sum’ah, takabur dan hasad.  

    ·       Karya berupa quote manfaat menghindari sikap hidup berfoya-foya, riya’, sum’ah, takabbur dan hasad dan mempublikasikan di media sosial

    ·       Meyakini bahwa sikap hidup berfoya-foya, riya’, sum’ah, takabbur dan hasad adalah larangan agama

    ·       Menunjukkan kebiasaan menghindari sikap hidup berfoya-foya, riya’, sum’ah, takabbur dan hasad

    Pemahaman Bermakna : Kebanyakan manusia suka mendapat

    pujian, hanya sedikit yang mampu beramal secara iklas, disamping itu berbagai sifat tercela seperti berfoyafoya, riya’, sum’ah, takabur dan hasad akan senantiasa dihembuskan oleh setan ke dalam hati manusia dengan tujuan menjerumuskannya ke dalam neraka. Untuk itu kita perlu menghindari sifat-sifat tercela tersebut dengan senantiasa melakukan hal-hal terpuji.

Metode Pembelajaran:

1. The Learning Cell (Menganalisis pengertian, dalil, dan contoh perilaku berfoya-foya, riya’, sum’ah, takabur, dan hasad).

2. Jigsaw Learning (Menganalisis manfaat dan cara menghindari berfoyafoya, riya’, sum’ah, takabur, dan hasad)

3. Pembelajaran berbasis proyek / Project Based Learning (Membuat dan menyajikan quote tentang perilaku berfoya-foya, riya’, sum’ah, takabur, dan hasad serta bersikap rendah hati dalam kehidupan sehari-hari)


Materi:


























































































Tidak ada komentar:

Posting Komentar