RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
: SMA AL AZHAR 3 B L
Mata
Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester
: XI
/ Genap
Materi
Pokok : Hormat dan
patuh kepada orangtua dan guru
Alokasi
Waktu : 3
Minggu x 3 Jam Pelajaran @45
Menit
·
KI-1:Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
·
KI-2: Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama,
toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi
secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga,
sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan
regional, dan kawasan internasional”.
·
KI 3: Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
·
KI4: Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah
keilmuan
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
1.6
Meyakini bahwa hormat dan patuh
kepada orangtua dan guru sebagai kewajiban agama
|
·
Meyakini bahwa
hormat dan patuh kepada orangtua dan guru sebagai kewajiban agama
|
2.6
Menunjukkan perilaku hormat dan
patuh kepada orangtua dan guru sebagai implementasi pemahaman Q.S.
al-Isra’/17: 23 dan Hadis terkait
|
·
Menunjukkan
perilaku hormat dan patuh kepada orangtua dan guru sebagai implementasi
pemahaman Q.S. al-Isra’/17: 23 dan Hadis terkait
|
3.6
Menganalisis perilaku hormat dan
patuh kepada orangtua dan guru
|
·
Menjelaskan
isi Q.S. al Isrā’ /17: 23-24.
·
Menjelaskan
isi hadis-hadis yang terkait dengan hormat dan patuh kepada orang tua dan
guru.
·
Menunjukkan
contoh perilaku yang mencerminkan hormat dan patuh kepada orang tua dan guru.
·
Menampilkan
perilaku yang mencerminkan hormat dan patuh kepada orang tua dan guru dalam
kehidupan sehari-hari
·
Menyimpulkan
hikmah dan manfaat hormat dan patuh kepada orangtua dan guru.
|
4.6
Menyajikan kaitan antara ketauhidan
dalam beribadah dengan hormat dan patuh kepada orangtua dan guru sesuai
dengan Q.S. al-Isra’/17: 23 dan Hadis terkait
|
·
Menyajikan
paparan tentang makna, dalil, dan contoh hormat dan patuh kepada orangtua dan
guru.
·
Menyajikan
paparan tentang hikmah dan manfaat hormat dan patuh kepada orangtua dan guru.
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
·
Meyakini
bahwa hormat dan patuh kepada orangtua dan guru sebagai kewajiban agama
·
Menunjukkan
perilaku hormat dan patuh kepada orangtua dan guru sebagai implementasi
pemahaman Q.S. al-Isra’/17: 23 dan Hadis terkait
·
Menjelaskan
isi Q.S. al Isrā’ /17: 23-24.
·
Menjelaskan
isi hadis-hadis yang terkait dengan hormat dan patuh kepada orang tua dan guru.
·
Menunjukkan
contoh perilaku yang mencerminkan hormat dan patuh kepada orang tua dan guru.
·
Menampilkan
perilaku yang mencerminkan hormat dan patuh kepada orang tua dan guru dalam
kehidupan sehari-hari
·
Menyimpulkan
hikmah dan manfaat hormat dan patuh kepada orangtua dan guru.
·
Menyajikan
paparan tentang makna, dalil, dan contoh hormat dan patuh kepada orangtua dan
guru.
·
Menyajikan
paparan tentang hikmah dan manfaat hormat dan patuh kepada orangtua dan guru.
D.
Materi
Pembelajaran
v Hormat
dan patuh kepada orangtua dan guru
·
Dalil-dalil al-Qur’ān dan hadis tentang hormat dan patuh kepada orang tua
dan guru.
·
Q.S. al Isrā’ /17: 23-24
·
Kisah-kisah tentang hormat dan patuh kepada orang tua dan guru.
E.
Metode
Pembelajaran
1) Pendekatan
:
Saintifik
2) Model Pembelajaran : Discovery learning, Problem Based Learning (PBL)
3) Metode :
Tanya jawab, wawancara, diskusi dan bermain peran
F.
Media
Pembelajaran
Media :
·
Worksheet
atau lembar kerja (siswa)
·
Lembar
penilaian
·
Al-Qur’an
Alat/Bahan :
·
Penggaris,
spidol, papan tulis
·
Laptop
& infocus
G.
Sumber
Belajar
·
Buku
Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas XI, Kemendikbud, tahun 2016
·
Internet
·
Buku
refensi yang relevan,
·
LCD
Proyektor
·
Film
Tawuran Pelajar
·
Tafsir
al-Qur’an dan kitab hadits
·
Kitab
asbabunnuzul dan asbabul wurud
·
Lingkungan
setempat
H.
Langkah-Langkah Pembelajaran
1 . Pertemuan Pertama (3 x 45 Menit)
|
Kegiatan
Pendahuluan (15 Menit)
|
Guru :
Orientasi
v Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur
kepada Tuhan YME dan berdoa
untuk memulai pembelajaran
v Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran.
Aperpepsi
v Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
v Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari.
v Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan
dapat menjelaskan tentang materi :
Ø Dalil-dalil
al-Qur’ān dan hadis tentang hormat dan patuh kepada orang tua dan guru
v Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
v Mengajukan
pertanyaan
Pemberian
Acuan
v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
v Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
v Pembagian
kelompok belajar
v Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
Kegiatan
Inti ( 105 Menit )
|
Sintak
Model Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
|
KEGIATAN LITERASI
Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
materi Dalil-dalil al-Qur’ān dan
hadis tentang hormat dan patuh kepada orang tua dan guru dengan cara :
v Melihat
(tanpa atau dengan Alat)
Menayangkan gambar/foto/video yang relevan.
v Mengamati
Ø Lembar
kerja materi Dalil-dalil al-Qur’ān
dan hadis tentang hormat dan patuh kepada orang tua dan guru.
Ø Pemberian
contoh-contoh materi Dalil-dalil
al-Qur’ān dan hadis tentang hormat dan patuh kepada orang tua dan guru untuk
dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
v Membaca.
Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di
sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku
penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Dalil-dalil al-Qur’ān dan hadis tentang
hormat dan patuh kepada orang tua dan guru.
v Menulis
Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan
terkait Dalil-dalil
al-Qur’ān dan hadis tentang hormat dan patuh kepada orang tua dan guru.
v Mendengar
Pemberian materi Dalil-dalil al-Qur’ān dan hadis tentang hormat dan patuh kepada
orang tua dan guru oleh guru.
v Menyimak
Penjelasan pengantar kegiatan secara garis
besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :
Ø Dalil-dalil
al-Qur’ān dan hadis tentang hormat dan patuh kepada orang tua dan guru
untuk melatih rasa syukur,
kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.
|
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v Mengajukan
pertanyaan tentang materi :
Ø Dalil-dalil
al-Qur’ān dan hadis tentang hormat dan patuh kepada orang tua dan guru
yang
tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan
informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan
faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan
kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk
membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar
sepanjang hayat.
|
Data
collection
(pengumpulan
data)
|
KEGIATAN LITERASI
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang
telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati
obyek/kejadian
Mengamati dengan seksama materi Dalil-dalil al-Qur’ān dan hadis tentang
hormat dan patuh kepada orang tua dan guru yang sedang dipelajari dalam
bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba
menginterprestasikannya.
v Membaca
sumber lain selain buku teks
Secara disiplin melakukan kegiatan
literasi dengan mencari dan membaca berbagai
referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman
tentang materi Dalil-dalil al-Qur’ān
dan hadis tentang hormat dan patuh kepada orang tua dan guru yang
sedang dipelajari.
v Aktivitas
Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang
belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan
kepada guru berkaitan dengan materi Dalil-dalil
al-Qur’ān dan hadis tentang hormat dan patuh kepada orang tua dan guru yang
sedang dipelajari.
v Wawancara/tanya
jawab dengan nara sumber
Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Dalil-dalil al-Qur’ān dan hadis tentang
hormat dan patuh kepada orang tua dan guru yang telah disusun dalam
daftar pertanyaan kepada guru.
COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok
untuk:
v Mendiskusikan
Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Dalil-dalil al-Qur’ān dan hadis tentang hormat dan patuh kepada
orang tua dan guru.
v Mengumpulkan
informasi
Mencatat semua informasi tentang materi Dalil-dalil al-Qur’ān dan hadis tentang
hormat dan patuh kepada orang tua dan guru yang telah diperoleh pada
buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang
baik dan benar.
v Mempresentasikan
ulang
Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan
atau mempresentasikan materi dengan rasa
percaya
diri
Dalil-dalil al-Qur’ān
dan hadis tentang hormat dan patuh kepada orang tua dan guru sesuai dengan pemahamannya.
v Saling tukar
informasi tentang materi :
Ø Dalil-dalil
al-Qur’ān dan hadis tentang hormat dan patuh kepada orang tua dan guru
dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga
diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan
diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan
dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai
pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan
mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan
kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
|
Data
processing
(pengolahan
Data)
|
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING
(BERPIKIR KRITIK)
Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan
cara :
v Berdiskusi
tentang data dari Materi :
Ø Dalil-dalil
al-Qur’ān dan hadis tentang hormat dan patuh kepada orang tua dan guru
v Mengolah informasi dari materi Dalil-dalil al-Qur’ān dan hadis tentang
hormat dan patuh kepada orang tua dan guru yang sudah dikumpulkan dari
hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati
dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan
pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Peserta
didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Dalil-dalil al-Qur’ān dan hadis tentang hormat dan patuh kepada
orang tua dan guru.
|
Verification
(pembuktian)
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta
didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil
pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan
:
v Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat
mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda
sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan
kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi
:
Ø Dalil-dalil
al-Qur’ān dan hadis tentang hormat dan patuh kepada orang tua dan guru
antara
lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
|
Generalization
(menarik
kesimpulan)
|
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta
didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan
hasil diskusi tentang materi Dalil-dalil al-Qur’ān dan hadis tentang
hormat dan patuh kepada orang tua dan guru berupa kesimpulan
berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis,
mengungkapkan pendapat dengan sopan.
v Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :
Ø Dalil-dalil
al-Qur’ān dan hadis tentang hormat dan patuh kepada orang tua dan guru
v Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Dalil-dalil al-Qur’ān dan hadis tentang hormat dan patuh kepada
orang tua dan guru dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
v Bertanya
atas presentasi tentang materi Dalil-dalil
al-Qur’ān dan hadis tentang hormat dan patuh kepada orang tua dan guru yang
dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
CREATIVITY (KREATIVITAS)
v Menyimpulkan
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang
baru dilakukan berupa :
Laporan hasil pengamatan secara tertulis
tentang materi :
Ø Dalil-dalil
al-Qur’ān dan hadis tentang hormat dan patuh kepada orang tua dan guru
v Menjawab
pertanyaan tentang materi Dalil-dalil
al-Qur’ān dan hadis tentang hormat dan patuh kepada orang tua dan guru yang
terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah
disediakan.
v Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan
kepada siswa berkaitan dengan materi Dalil-dalil
al-Qur’ān dan hadis tentang hormat dan patuh kepada orang tua dan guru yang
akan selesai dipelajari
v Menyelesaikan
uji kompetensi untuk materi Dalil-dalil
al-Qur’ān dan hadis tentang hormat dan patuh kepada orang tua dan guru yang
terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah
disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi
pelajaran.
|
|
Catatan :
Selama pembelajaran Dalil-dalil
al-Qur’ān dan hadis tentang hormat dan patuh kepada orang tua dan guru berlangsung,
guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku
jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli
lingkungan
|
Kegiatan
Penutup (15 Menit)
|
Peserta didik
:
v Membuat
resume (CREATIVITY) dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi Dalil-dalil
al-Qur’ān dan hadis tentang hormat dan patuh kepada orang tua dan guru yang
baru dilakukan.
v Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Dalil-dalil
al-Qur’ān dan hadis tentang hormat dan patuh kepada orang tua dan guru yang
baru diselesaikan.
v Mengagendakan
materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
v Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran Dalil-dalil al-Qur’ān dan hadis tentang
hormat dan patuh kepada orang tua dan guru.
v Peserta
didik yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Dalil-dalil al-Qur’ān dan hadis tentang
hormat dan patuh kepada orang tua dan guru.
v Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran Dalil-dalil
al-Qur’ān dan hadis tentang hormat dan patuh kepada orang tua dan guru kepada
kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
|
2 . Pertemuan Kedua (3 x 45 Menit)
|
Kegiatan
Pendahuluan (15 Menit)
|
Guru :
Orientasi
v Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur
kepada Tuhan YME dan berdoa
untuk memulai pembelajaran
v Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran.
Aperpepsi
v Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
v Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari.
v Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
Ø Q.S. al Isrā’
/17: 23-24
v Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
v Mengajukan
pertanyaan
Pemberian
Acuan
v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
v Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
v Pembagian
kelompok belajar
v Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
Kegiatan
Inti ( 105 Menit )
|
Sintak
Model Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
|
KEGIATAN LITERASI
Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
materi Q.S. al Isrā’ /17: 23-24 dengan
cara :
v Melihat
(tanpa atau dengan Alat)
Menayangkan gambar/foto/video yang relevan.
v Mengamati
Ø Lembar
kerja materi Q.S. al Isrā’ /17: 23-24.
Ø Pemberian
contoh-contoh materi Q.S. al Isrā’
/17: 23-24 untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media
interaktif, dsb
v Membaca.
Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di
sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku
penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Q.S. al Isrā’ /17: 23-24.
v Menulis
Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan
terkait Q.S. al
Isrā’ /17: 23-24.
v Mendengar
Pemberian materi Q.S. al Isrā’ /17: 23-24 oleh guru.
v Menyimak
Penjelasan pengantar kegiatan secara garis
besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :
Ø Q.S. al
Isrā’ /17: 23-24
untuk melatih rasa syukur,
kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.
|
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v Mengajukan
pertanyaan tentang materi :
Ø Q.S. al
Isrā’ /17: 23-24
yang
tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan
informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan
faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan
kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk
membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar
sepanjang hayat.
|
Data
collection
(pengumpulan
data)
|
KEGIATAN LITERASI
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang
telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati
obyek/kejadian
Mengamati dengan seksama materi Q.S. al Isrā’ /17: 23-24 yang sedang
dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan
mencoba menginterprestasikannya.
v Membaca
sumber lain selain buku teks
Secara disiplin melakukan kegiatan
literasi dengan mencari dan membaca berbagai
referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman
tentang materi Q.S. al Isrā’ /17:
23-24 yang sedang dipelajari.
v Aktivitas
Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang
belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan
kepada guru berkaitan dengan materi Q.S.
al Isrā’ /17: 23-24 yang sedang dipelajari.
v Wawancara/tanya
jawab dengan nara sumber
Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Q.S. al Isrā’ /17: 23-24 yang telah
disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.
COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok
untuk:
v Mendiskusikan
Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Q.S. al Isrā’ /17: 23-24.
v Mengumpulkan
informasi
Mencatat semua informasi tentang materi Q.S. al Isrā’ /17: 23-24 yang telah
diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa
Indonesia yang baik dan benar.
v Mempresentasikan
ulang
Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan
atau mempresentasikan materi dengan rasa
percaya
diri
Q.S. al Isrā’ /17:
23-24 sesuai dengan pemahamannya.
v Saling tukar
informasi tentang materi :
Ø Q.S. al
Isrā’ /17: 23-24
dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga
diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan
diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan
dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai
pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan
mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan
kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
|
Data
processing
(pengolahan
Data)
|
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING
(BERPIKIR KRITIK)
Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan
cara :
v Berdiskusi
tentang data dari Materi :
Ø Q.S. al
Isrā’ /17: 23-24
v Mengolah informasi dari materi Q.S. al Isrā’ /17: 23-24 yang sudah
dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari
kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang
berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Peserta
didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Q.S. al Isrā’ /17: 23-24.
|
Verification
(pembuktian)
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta
didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil
pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan
:
v Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat
mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda
sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan
kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi
:
Ø Q.S. al
Isrā’ /17: 23-24
antara
lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
|
Generalization
(menarik
kesimpulan)
|
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta
didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan
hasil diskusi tentang materi Q.S. al Isrā’ /17: 23-24 berupa
kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media
lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi,
kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.
v Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :
Ø Q.S. al
Isrā’ /17: 23-24
v Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Q.S. al Isrā’ /17: 23-24 dan ditanggapi oleh kelompok yang
mempresentasikan.
v Bertanya
atas presentasi tentang materi Q.S.
al Isrā’ /17: 23-24 yang dilakukan dan peserta didik lain diberi
kesempatan untuk menjawabnya.
CREATIVITY (KREATIVITAS)
v Menyimpulkan
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang
baru dilakukan berupa :
Laporan hasil pengamatan secara tertulis
tentang materi :
Ø Q.S. al
Isrā’ /17: 23-24
v Menjawab
pertanyaan tentang materi Q.S. al
Isrā’ /17: 23-24 yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau
lembar kerja yang telah disediakan.
v Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan
kepada siswa berkaitan dengan materi Q.S.
al Isrā’ /17: 23-24 yang akan selesai dipelajari
v Menyelesaikan
uji kompetensi untuk materi Q.S. al
Isrā’ /17: 23-24 yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau
pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek
penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
|
|
Catatan :
Selama pembelajaran Q.S. al Isrā’ /17:
23-24 berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang
meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku
jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan
|
Kegiatan
Penutup (15 Menit)
|
Peserta didik
:
v Membuat
resume (CREATIVITY) dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi Q.S. al
Isrā’ /17: 23-24 yang baru dilakukan.
v Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Q.S.
al Isrā’ /17: 23-24 yang baru diselesaikan.
v Mengagendakan
materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
v Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran Q.S. al Isrā’ /17: 23-24.
v Peserta
didik yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Q.S. al Isrā’ /17: 23-24.
v Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran Q.S.
al Isrā’ /17: 23-24 kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama
yang baik.
|
3 . Pertemuan Ketiga (3 x 45 Menit)
|
Kegiatan
Pendahuluan (15 Menit)
|
Guru :
Orientasi
v Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur
kepada Tuhan YME dan berdoa
untuk memulai pembelajaran
v Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran.
Aperpepsi
v Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
v Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari.
v Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
Ø Kisah-kisah
tentang hormat dan patuh kepada orang tua dan guru
v Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
v Mengajukan
pertanyaan
Pemberian
Acuan
v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
v Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
v Pembagian
kelompok belajar
v Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
Kegiatan
Inti ( 105 Menit )
|
Sintak
Model Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
|
KEGIATAN LITERASI
Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
materi Kisah-kisah tentang hormat dan
patuh kepada orang tua dan guru dengan cara :
v Melihat
(tanpa atau dengan Alat)
Menayangkan gambar/foto/video yang relevan.
v Mengamati
Ø Lembar
kerja materi Kisah-kisah tentang
hormat dan patuh kepada orang tua dan guru.
Ø Pemberian
contoh-contoh materi Kisah-kisah
tentang hormat dan patuh kepada orang tua dan guru untuk dapat
dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
v Membaca.
Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di
sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku
penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Kisah-kisah tentang hormat dan patuh
kepada orang tua dan guru.
v Menulis
Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan
terkait Kisah-kisah
tentang hormat dan patuh kepada orang tua dan guru.
v Mendengar
Pemberian materi Kisah-kisah tentang hormat dan patuh kepada orang tua dan guru oleh
guru.
v Menyimak
Penjelasan pengantar kegiatan secara garis
besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :
Ø Kisah-kisah
tentang hormat dan patuh kepada orang tua dan guru
untuk melatih rasa syukur,
kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.
|
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v Mengajukan
pertanyaan tentang materi :
Ø Kisah-kisah
tentang hormat dan patuh kepada orang tua dan guru
yang
tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan
informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan
faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan
kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk
membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar
sepanjang hayat.
|
Data
collection
(pengumpulan
data)
|
KEGIATAN LITERASI
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang
telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati
obyek/kejadian
Mengamati dengan seksama materi Kisah-kisah tentang hormat dan patuh
kepada orang tua dan guru yang sedang dipelajari dalam bentuk
gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba
menginterprestasikannya.
v Membaca
sumber lain selain buku teks
Secara disiplin melakukan kegiatan
literasi dengan mencari dan membaca berbagai
referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman
tentang materi Kisah-kisah tentang
hormat dan patuh kepada orang tua dan guru yang sedang dipelajari.
v Aktivitas
Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang
belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan
kepada guru berkaitan dengan materi Kisah-kisah
tentang hormat dan patuh kepada orang tua dan guru yang sedang
dipelajari.
v Wawancara/tanya
jawab dengan nara sumber
Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Kisah-kisah tentang hormat dan patuh
kepada orang tua dan guru yang telah disusun dalam daftar pertanyaan
kepada guru.
COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok
untuk:
v Mendiskusikan
Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Kisah-kisah tentang hormat dan patuh kepada orang tua dan guru.
v Mengumpulkan
informasi
Mencatat semua informasi tentang materi Kisah-kisah tentang hormat dan patuh kepada
orang tua dan guru yang telah diperoleh pada buku catatan dengan
tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
v Mempresentasikan
ulang
Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan
atau mempresentasikan materi dengan rasa
percaya
diri
Kisah-kisah tentang
hormat dan patuh kepada orang tua dan guru sesuai
dengan pemahamannya.
v Saling tukar
informasi tentang materi :
Ø Kisah-kisah
tentang hormat dan patuh kepada orang tua dan guru
dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga
diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan
diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan
dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai
pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan
mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan
kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
|
Data
processing
(pengolahan
Data)
|
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING
(BERPIKIR KRITIK)
Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan
cara :
v Berdiskusi
tentang data dari Materi :
Ø Kisah-kisah
tentang hormat dan patuh kepada orang tua dan guru
v Mengolah informasi dari materi Kisah-kisah tentang hormat dan patuh
kepada orang tua dan guru yang sudah dikumpulkan dari hasil
kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan
kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan
pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Peserta
didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Kisah-kisah tentang hormat dan patuh kepada orang tua dan guru.
|
Verification
(pembuktian)
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta
didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil
pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan
:
v Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat
mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda
sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan
kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi
:
Ø Kisah-kisah
tentang hormat dan patuh kepada orang tua dan guru
antara
lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
|
Generalization
(menarik
kesimpulan)
|
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta
didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan
hasil diskusi tentang materi Kisah-kisah tentang hormat dan patuh
kepada orang tua dan guru berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis
secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap
jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan
pendapat dengan sopan.
v Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :
Ø Kisah-kisah
tentang hormat dan patuh kepada orang tua dan guru
v Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Kisah-kisah tentang hormat dan patuh kepada orang tua dan guru dan
ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
v Bertanya
atas presentasi tentang materi Kisah-kisah
tentang hormat dan patuh kepada orang tua dan guru yang dilakukan dan
peserta didik lain diberi kesempatan
untuk menjawabnya.
CREATIVITY (KREATIVITAS)
v Menyimpulkan
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang
baru dilakukan berupa :
Laporan hasil pengamatan secara tertulis
tentang materi :
Ø Kisah-kisah
tentang hormat dan patuh kepada orang tua dan guru
v Menjawab
pertanyaan tentang materi Kisah-kisah
tentang hormat dan patuh kepada orang tua dan guru yang terdapat pada
buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan
kepada siswa berkaitan dengan materi Kisah-kisah
tentang hormat dan patuh kepada orang tua dan guru yang akan selesai
dipelajari
v Menyelesaikan
uji kompetensi untuk materi Kisah-kisah
tentang hormat dan patuh kepada orang tua dan guru yang terdapat pada
buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan
secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
|
|
Catatan :
Selama pembelajaran Kisah-kisah tentang
hormat dan patuh kepada orang tua dan guru berlangsung, guru mengamati
sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme,
disiplin, rasa percaya diri,
berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu,
peduli lingkungan
|
Kegiatan
Penutup (15 Menit)
|
Peserta didik
:
v Membuat
resume (CREATIVITY) dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi Kisah-kisah
tentang hormat dan patuh kepada orang tua dan guru yang baru dilakukan.
v Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Kisah-kisah
tentang hormat dan patuh kepada orang tua dan guru yang baru
diselesaikan.
v Mengagendakan
materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
v Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran Kisah-kisah tentang hormat dan patuh
kepada orang tua dan guru.
v Peserta
didik yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Kisah-kisah tentang hormat dan patuh
kepada orang tua dan guru.
v Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran Kisah-kisah
tentang hormat dan patuh kepada orang tua dan guru kepada kelompok yang
memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar