RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
: SMA AL AZHAR 3 B L
Mata
Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester
: XI
/ Genap
Materi
Pokok : Prinsip-prinsip
dan praktik ekonomi dalam Islam
Alokasi
Waktu : 2
Minggu x 3 Jam Pelajaran @45
Menit
·
KI-1:Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
·
KI-2: Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama,
toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi
secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga,
sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan
regional, dan kawasan internasional”.
·
KI 3: Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
·
KI4: Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah
keilmuan
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
1.9
Menerapkan prinsip ekonomi dan
muamalah sesuai dengan ketentuan syariat Islam
|
·
Menerapkan
prinsip ekonomi dan muamalah sesuai dengan ketentuan syariat Islam
|
2.9
Bekerja sama dalam menegakkan
prinsip-prinsip dan praktik ekonomi sesuai syariat Islam
|
·
Bekerja sama
dalam menegakkan prinsip-prinsip dan praktik ekonomi sesuai syariat Islam
|
3.9
Menelaah prinsip-prinsip dan
praktik ekonomi dalam Islam
|
·
Menunjukkan
contoh perilaku berokonomi berdasarkan syariat Islam.
·
Menampilkan
perilaku berekonomi berdasarkan prinsip-prinsip ajaran Islam.
·
Menjelaskan
prinsip-prinsip dan praktik ekonomi Islam.
·
Menjelaskan
dalil-dalil naṡ tentang prinsip-prinsip dan praktik ekonomi Islam.
·
Menganalisis
prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam.
·
Menganalisis
hikmah dan manfaat prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam.
·
Menyimpulkan
hikmah dan manfaat prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam.
|
4.9
Mempresentasikan prinsip-prinsip dan
praktik ekonomi dalam Islam
|
·
Menyajikan
paparan tentang makna dan dalil tentang prinsip-prinsip dan praktik ekonomi
dalam Islam.
·
Menyajikan
paparan tentang hikmah dan manfaat prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dalam
Islam.
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
·
Menerapkan
prinsip ekonomi dan muamalah sesuai dengan ketentuan syariat Islam
·
Bekerja
sama dalam menegakkan prinsip-prinsip dan praktik ekonomi sesuai syariat Islam
·
Menunjukkan
contoh perilaku berokonomi berdasarkan syariat Islam.
·
Menampilkan
perilaku berekonomi berdasarkan prinsip-prinsip ajaran Islam.
·
Menjelaskan
prinsip-prinsip dan praktik ekonomi Islam.
·
Menjelaskan
dalil-dalil naṡ tentang prinsip-prinsip dan praktik ekonomi Islam.
·
Menganalisis
prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam.
·
Menganalisis
hikmah dan manfaat prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam.
·
Menyimpulkan
hikmah dan manfaat prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam.
·
Menyajikan
paparan tentang makna dan dalil tentang prinsip-prinsip dan praktik ekonomi
dalam Islam.
·
Menyajikan
paparan tentang hikmah dan manfaat prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dalam
Islam.
D.
Materi
Pembelajaran
v Prinsip-prinsip
dan praktik ekonomi dalam Islam
·
Dalil-dalil al-Qur’ān dan hadis tentang Ekonomi Islam.
·
Pruduk-produk ekonomi syari’ah yang ada di lembaga keuangan mikro dan
makro syari’ah.
E.
Metode
Pembelajaran
1) Pendekatan
:
Saintifik
2) Model Pembelajaran : Discovery learning, Problem Based Learning (PBL)
3) Metode :
Tanya jawab, wawancara, diskusi dan bermain peran
F.
Media
Pembelajaran
Media :
·
Worksheet
atau lembar kerja (siswa)
·
Lembar
penilaian
·
Al-Qur’an
Alat/Bahan :
·
Penggaris,
spidol, papan tulis
·
Laptop
& infocus
G.
Sumber
Belajar
·
Buku
Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas XI, Kemendikbud, tahun 2016
·
Internet
·
Buku
refensi yang relevan,
·
LCD
Proyektor
·
Film
Tawuran Pelajar
·
Tafsir
al-Qur’an dan kitab hadits
·
Kitab
asbabunnuzul dan asbabul wurud
·
Lingkungan
setempat
H.
Langkah-Langkah Pembelajaran
1 . Pertemuan Pertama (3 x 45 Menit)
|
||||||||||||||
Kegiatan
Pendahuluan (15 Menit)
|
||||||||||||||
Guru :
Orientasi
v Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur
kepada Tuhan YME dan berdoa
untuk memulai pembelajaran
v Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran.
Aperpepsi
v Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
v Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari.
v Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
Ø Dalil-dalil
al-Qur’ān dan hadis tentang Ekonomi Islam
v Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
v Mengajukan
pertanyaan
Pemberian
Acuan
v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
v Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
v Pembagian
kelompok belajar
v Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
||||||||||||||
Kegiatan
Inti ( 105 Menit )
|
||||||||||||||
|
||||||||||||||
Catatan :
Selama pembelajaran Dalil-dalil
al-Qur’ān dan hadis tentang Ekonomi Islam berlangsung, guru mengamati
sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme,
disiplin, rasa percaya diri,
berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu,
peduli lingkungan
|
||||||||||||||
Kegiatan
Penutup (15 Menit)
|
||||||||||||||
Peserta didik
:
v Membuat
resume (CREATIVITY) dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi Dalil-dalil
al-Qur’ān dan hadis tentang Ekonomi Islam yang baru dilakukan.
v Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Dalil-dalil
al-Qur’ān dan hadis tentang Ekonomi Islam yang baru diselesaikan.
v Mengagendakan
materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
v Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran Dalil-dalil al-Qur’ān dan hadis tentang
Ekonomi Islam.
v Peserta
didik yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Dalil-dalil al-Qur’ān dan hadis tentang
Ekonomi Islam.
v Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran Dalil-dalil
al-Qur’ān dan hadis tentang Ekonomi Islam kepada kelompok yang memiliki
kinerja dan kerjasama yang baik.
|
2 . Pertemuan Kedua (3 x 45 Menit)
|
||||||||||||||
Kegiatan
Pendahuluan (15 Menit)
|
||||||||||||||
Guru :
Orientasi
v Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur
kepada Tuhan YME dan berdoa
untuk memulai pembelajaran
v Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran.
Aperpepsi
v Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
v Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari.
v Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
Ø Pruduk-produk
ekonomi syari’ah yang ada di lembaga keuangan mikro dan makro syari’ah
v Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
v Mengajukan
pertanyaan
Pemberian
Acuan
v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
v Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
v Pembagian
kelompok belajar
v Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
||||||||||||||
Kegiatan
Inti ( 105 Menit )
|
||||||||||||||
|
||||||||||||||
Catatan :
Selama pembelajaran Pruduk-produk
ekonomi syari’ah yang ada di lembaga keuangan mikro dan makro syari’ah berlangsung,
guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku
jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli
lingkungan
|
||||||||||||||
Kegiatan
Penutup (15 Menit)
|
||||||||||||||
Peserta didik
:
v Membuat
resume (CREATIVITY) dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi Pruduk-produk
ekonomi syari’ah yang ada di lembaga keuangan mikro dan makro syari’ah yang
baru dilakukan.
v Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Pruduk-produk
ekonomi syari’ah yang ada di lembaga keuangan mikro dan makro syari’ah yang
baru diselesaikan.
v Mengagendakan
materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
v Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran Pruduk-produk ekonomi syari’ah yang ada di
lembaga keuangan mikro dan makro syari’ah.
v Peserta
didik yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Pruduk-produk ekonomi syari’ah yang ada di
lembaga keuangan mikro dan makro syari’ah.
v Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran Pruduk-produk
ekonomi syari’ah yang ada di lembaga keuangan mikro dan makro syari’ah kepada
kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
|
I.
Penilaian
Hasil Pembelajaran
1. Penilaian Skala Sikap
Berilah tanda “centang”
(√) yang sesuai dengan kebiasaan kamu terhadap pernyataan-pernyataan
yang tersedia!
No
|
Pernyataan
|
Kebiasaan
|
|||
Selalu
|
Sering
|
Jarang
|
Tidak Pernah
|
||
Skor 4
|
Skor 3
|
Skor 2
|
Skor 1
|
||
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
Nilai akhir = Jumlah skor yang
diperoleh peserta didik× 100
skor tertinggi 4
2. Penilaian “Membaca
dengan Tartil”
Rubrik
Pengamatannya sebagai berikut:
No.
|
Nama Peserta Didik
|
Aspek yang dinilai
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
Ketuntasan
|
Tindak Lanjut
|
|||||
1
|
2
|
3
|
4
|
T
|
TT
|
R
|
P
|
||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Aspek yang
dinilai : 1. Kelancaran Skor
25 → 100
2. Artinya
Skor 25 → 100
3. Isi Skor 25 → 100
4. Dan
lain-lain Skor dikembangkan
Skor
maksimal…. 100
Rubrik
penilaiannya adalah:
1)
Kelancaran
a)
Jika peserta didik
dapat membaca sangat lancar, skor 100.
b)
Jika peserta didik
dapat membaca lancar, skor 75.
c)
Jika peserta didik
dapat membaca tidak lancar dan kurang
sempurna, skor 50.
d)
Jika peserta didik
tidak dapat membaca , skor 25
2)
Arti
a)
Jika peserta didik
dapat mengartikan dengan benar, skor
100.
b)
Jika peserta didik
dapat mengartikan dengan benar dan
kurang sempurna, skor 75.
c)
Jika peserta didik
tidak benar mengartikan, skor 50.
d)
Jika peserta didik
tidak dapat mengartikan, skor 25.
3)
Isi
a)
Jika peserta didik
dapat menjelaskan dengan benar, skor 100.
b)
Jika peserta didik
dapat menjelaskan dengan mendekati benar, skor 75.
c)
Jika peserta didik
dapat menjelaskan dengan tidak benar, skor 50.
d)
Jika peserta didik
tidak dapat menjelaskan, skor 25.
4)
Dan Lain-lain
Guru dapat mengembangkan skor tersebut jika ditemui
kriteria penilaian lain berdasarkan bentuk perilaku peserta didik pada situasi
dan kondisi yang berkembang
3.
Penilaian Diskusi
Peserta didik
berdiskusi tentang memahami makna .
Aspek dan rubrik
penilaian:
1)
Kejelasan dan ke
dalaman informasi
(a) Jika kelompok tersebut dapat memberikan kejelasan dan ke dalaman
informasi lengkap dan sempurna, skor 100.
(b) Jika kelompok tersebut dapat memberikan penjelasan dan ke dalaman
informasi lengkap dan kurang sempurna, skor 75.
(c) Jika kelompok tersebut dapat memberikan penjelasan dan ke dalaman
informasi kurang lengkap, skor 50.
(d) Jika kelompok tersebut tidak dapat memberikan penjelasan dan ke dalaman
informasi, skor 25.
Contoh Tabel:
No.
|
Nama Peserta
didik
|
Aspek yang
Dinilai
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
Ketuntasan
|
Tindak Lanjut
|
||
Kejelasan dan
Kedalaman Informasi
|
T
|
TT
|
R
|
R
|
||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2)
Keaktifan dalam diskusi
(a) Jika kelompok tersebut berperan sangat aktif dalam diskusi, skor 100.
(b) Jika kelompok tersebut berperan aktif dalam diskusi, skor 75.
(c) Jika kelompok tersebut kurang aktif dalam diskusi, skor 50.
(d) Jika kelompok tersebut tidak aktif dalam diskusi, skor 25.
Contoh Tabel:
No.
|
Nama Peserta
didik
|
Aspek yang
Dinilai
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
Ketuntasan
|
Tindak Lanjut
|
||
Keaktifan dalam
Diskusi
|
T
|
TT
|
R
|
R
|
||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3)
Kejelasan dan kerapian
presentasi/ resume
(a)
Jika kelompok tersebut
dapat mempresentasikan/resume dengan sangat jelas dan rapi, skor 100.
(b)
Jika kelompok tersebut
dapat mempresentasikan/resume dengan jelas dan rapi, skor 75.
(c)
Jika kelompok tersebut
dapat mempresentasikan/resume dengan sangat jelas dan kurang rapi, skor 50.
(d)
Jika kelompok tersebut
dapat mempresentasikan/resume dengan kurang jelas dan tidak rapi, skor 25.
Contoh Tabel:
No.
|
Nama Peserta
didik
|
Aspek yang
Dinilai
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
Ketuntasan
|
Tindak Lanjut
|
||
Kejelasan dan
Kerapian Presentasi
|
T
|
TT
|
R
|
R
|
||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4. Remedial
Peserta didik
yang belum menguasai materi (belum mencapai ketuntasan belajar) akan dijelaskan
kembali oleh guru. Guru melakukan penilaian kembali dengan soal yang sejenis
atau memberikan tugas individu terkait dengan topik yang telah dibahas.
Remedial dilaksanakan pada waktu dan hari tertentu yang disesuaikan, contoh:
pada saat jam belajar, apabila masih ada waktu, atau di luar jam pelajaran (30
menit setelah jam pelajaran selesai).
CONTOH
PROGRAM REMIDI
Sekolah :
........................
Kelas/Semester :
........................
Mat
Pelajaran :
........................
Ulangan
Harian Ke :
........................
Tanggal
Ulangan Harian :
........................
Bentuk
Ulangan Harian :
........................
Materi
Ulangan Harian :
........................
(KD/Indikator :
........................
KKM :
........................
No
|
Nama
Peserta Didik
|
Nilai
Ulangan
|
Indikator
yang Belum Dikuasai
|
Bentuk
Tindakan Remedial
|
Nilai
Setelah Remedial
|
Ket.
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
dst,
|
|
|
|
|
|
|
5. Pengayaan
Dalam kegiatan
pembelajaran, peserta didik yang sudah menguasai materi sebelum waktu yang telah ditentukan, diminta
untuk soal-soal pengayaan berupa pertanyaan-pertanyaan yang lebih fenomenal dan
inovatif atau aktivitas lain yang relevan dengan topik pembelajaran. Dalam
kegiatan ini, guru dapat mencatat dan memberikan tambahan nilai bagi peserta
didik yang berhasil dalam pengayaan.
6. Interaksi Guru dengan
Orang Tua
Interaksi guru
dengan orang tua perlu dilakukan, salah satunya adalah, guru meminta peserta
didik memperlihatkan kolom “Membaca dengan Tartil” dalam buku teks peserta
didik kepada orang tuanya dengan memberikan komentar dan paraf.
Dapat juga dengan
mengunakan buku penghubung kepada orang tua tentang perubahan perilaku peserta
didik setelah mengikuti kegiatan pembelajaran atau berkomunikasi langsung,
dengan pernyataan tertulis atau lewat telepon tentang perkembangan kemampuan
terkait dengan materi.
Bandar
Lampung, 27 Juli 2018
Kepala SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung
Drs. Hi. Ma’arifudin Mz,M.Pd.I
NIP.19680317 200003 1 006
|
Guru Mapel
Rahmattulloh,S.Pd.I
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar