Senin, 26 Agustus 2019

XI IPS 2


A.Ketentuan Beriman Kepada Kitab-Kitab Allah swt
1. Pengertian beriman kepada kitab-kitab Allah swt.
Iman berasal dari bahasa Arab yang artinya yakin atau percaya. Sedangkan kitab-kitab Allah swt. Berarti firman-firman Allah swt yang dibukukan menjadi sebuah mushaf.Beriman kepada rukun iman yang enam, dan salah satunya adalah beriman kepada kitab-kitab Allah swt, mencakup 3 unsur yakni; meyakini di dalam hati, mengucapkan secara lisan,dan mengamalkannya dalam perbuatan atau perilaku dalam kehidupan sehari hari.
Kedua, yang wajib diimani oleh umat Islam adalah kitab-kitab samawi saja. Artinya, kitab suci yang datang dari langit atau dari Allah swt. Sedangkan kitab suci yang bukan samawi, artinya bukan datang dari Allah swt. bagi umat Islam tidak boleh diyakini, tetapi hanya dimengerti saja.
Ketiga, di dalam perintah beriman kepada kitab-kitab Allah swt. timbul perbedaan selanjutnya, yakni; antara kitab dan suhuf, Kitab berarti kumpulan brman Allah swt yang telah dibukukan menjadi sebuah mushaf. Sedangkan suhuf merupakan firman Allah swt. yang berbentuk lembaran-lembaran, dan tidak dibukukan, tetapi tetap memiliki kebenaran yang sempurna, karena suhuf juga merupakan firman dari Allah swt.
Sebagai umat Islam, beriman kepada kitab-kitab Allah swt. harus ditempa secara terus-menerus, sehingga iman tersebut menjadi sempurna. Beriman kepada rukun iman yang enam, dan salah satunya adalah beriman kepada kitab-kitab Allah swt. mencakup tiga unsur, yakni: meyakini di dalam hati, mengucapkan secara lisan, dan mengamalkannya dalam perbuatan atau perilaku kehidupan sehari-hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar