Kamis, 03 Agustus 2023

PAI KELAS X PERTEMUAN KE-2

 السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

 KEGIATAN PEMBELAJARAN

SMA AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG

TAHUN PELAJARAN 2023/2024

 

KELAS X ( KURIKULUM MERDEKA) :

1.       NAMA GURU                                     : H. Rahmattulloh, S.Pd.I, M.Pd

2.       MATA PELAJARAN                           : PAI

3.       KELAS                                                    : X

4.       PERTEMUAN                                      : Ke-2

5.       CP                                                           :

Di akhir fase E, Peserta didik mampu menganalisis ayat AlQur’an dan hadis tentang perintah untuk berkompetisi dalam kebaikan dan etos kerja.

 Al-Qur’an dengan tartil, menghafal dengan fasih dan lancer ayat Al-Qur’an serta Hadis tentang perintah untuk berkompetisi dalam kebaikan dan etos kerja serta bahaya dari pergaulan bebas dan zina; dapat menyajikan konten dan paparan tentang perintah untuk berkompetisi dalam kebaikan dan etos kerja

6.       TUJUAN PEMBELAJARAN             :

a.       Peserta didik dapat menghafal dengan fasih dan lancar ayat Al-Qur’an dan Hadis tentang perintah untuk kompetisi dalam kebaikan dan etos kerja.

b.      Peserta didik dapat menulis  ayat Al-Qur’an dan Hadis tentang perintah untuk kompetisi dalam kebaikan dan etos kerja.

7.       MATERI                                                : Bab 1. Berkompetisi dalam kebaikan dan etos kerja.

8.       METODE                                              : Discovery Learning dan Diskusi Kelompok

9.       STRATEGI                                            :

Persiapan Pembelajaran

 1. Guru melakukan asesmen diagnostik dalam bentuk kelancaran dalam membaca Q.S.    Al-Maidah/5: 48 dan Q.S. At-Taubah/9: 105 secara bersambung sebelu pembelajaran.

 2. Guru menyiapkan bahan tayang video tentang seorang membaca ayat Al-Qur’an      

     Q.S. Al-Maidah/5: 48 dan Q.S. At-Taubah/9: 105.

Kegiatan Pembelajaran

 1. Pendahuluan (15 menit)

a)      Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan salam. Perwakilan peserta didik memimpin doa.

b)      Guru menanyakan kabar peserta didik dan mengecek kehadiran peserta didik.

c)       Guru memberikan apersepsi pentingnya menghafal  Al-Qur’an.

d)      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai

2. Kegiatan Inti (115 menit)

      Langkah 1. Orientasi Masalah

a.       Guru bertanya tentang sejauhmana hasil bacaan siswa

b.      Peserta didik diminta untuk mulai menghafal masing-masing Q.S.  Al-Maidah/5: 48 dan Q.S. At-Taubah/9: 105.

 

Langkah 2. Mengorganisasi Peserta Didik

a.       Peserta didik dibagi dalam kelompok yang beranggotakan 4-5 orang.

b.      Peserta didik diminta melakukan Kegiatan 1.2 mendengarkan untuk menghafal  

    Q.S. Al-Maidah/5: 48 pada Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas  X 

    dari PT Penerbit  Erlangga halaman 12.

c.       Peserta didik diminta mendengarkan hafalan Q.S. At-Taubah/9: 105 pada QR Code  Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas X dari PT Penerbit Erlangga halaman7.

d.      Peserta didik diminta mendengarkan hafalan hadis tentang etos kerja pada QR Code dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas X dari PT Penerbit Erlangga halaman 9.

Langkah 3. Membimbing Penyelidikan Kelompok

a. Guru berkeliling untuk melihat kegiatan yang dilakukan peserta didik.

b. Guru melihat dan mencatat sampel aktivitas hafalan peserta didik/kelompok dan  

    diskusi ringan tentang apa yang sudah dilakukan.

c. Guru bertanya tentang apa saja kendala peserta kelompok dan memberikan bantuan 

    terbatas, apabila ada peserta didik/kelompok yang mengalami kesulitan.

 

Langkah 4. Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Hafalan

a.       Guru meminta dengan sukarela perwakilan kelompok untuk mempresentasikanhasil hafalan Q.S.  Al-Maidah/5: 48 dan Q.S. At-Taubah/9: 105.

b.      Kelompok lain diminta untuk menanggapi dan memberikan argumen tentang  apa yang dipresentasikan.

c.       Guru meminta perwakilan kelompok lain untuk mempresentasikan hasil hafalan    Q.S.   Al-Maidah/5: 48 dan Q.S. At-Taubah/9: 105.

d.      elompok lain diminta kembali untuk menanggapi dan memberikan argumen  tentang apa yang dihafalkan

 Langkah 5. Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah

a.       Guru meminta semua peserta didik untuk saling melakukan apresiasi terhadap  peserta didik/kelompok yang telah sukarela mempresentasikan hasil hafalan dan peserta didik yang sudah terlibat aktif dalam pembelajaran.

b.      Guru memberikan penguatan apabila ada jawaban peserta didik yang kurang sesuai.

3. Kegiatan Penutup

a.       Guru bersama peserta didik melakukan refleksi mengenai pembelajaran yang telah dilakukan yaitu Q.S.  Al-Maidah/5: 48 dan Q.S. At-Taubah/9: 105.

b.      Guru memberikan tugas rumah untuk mengerjakan Uji Pemahaman dari Buku Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti I kelas X dari PT Penerbit Erlangga halaman 17.

c.       Guru mengkonfirmasi materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya.

Rencana Asesmen

Peserta didik mengerjakan tugas terstruktur, yaitu Latihan Soal dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas X dari PT Penerbit Erlangga halaman 19.

 

10.   PENGEMBBANGAN MATERI       :

A.      URAIAN MATERI LEBIH SEMPURNA DI LENGKAPI MEDIA PEMBELAJARAN ( PPT, VIDEO/KONTENT)

B.      CONTOH SOAL DAN PEMBAHASAN

1.       Apa itu yanmg dimaksud dengan Etos kerja?

2.       Bagaimana Etos kerja Seorang pelajar Muslim?

3.       Apa keuntungan seorang pelajar bila memiliki etos kerja yang baik?

C.      LATIHAN SOAL / TUGAS

1.       Berikan contoh 10 perilaku untuk meningkatkan etos kerja dalam diri seorang pelajar!.

D.      KELAS X ( KURIKULUM MERDEKA) :

X.7

Wassalamualakum wrwb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar