Kamis, 23 Januari 2020

12 IPA 6

HIKMAH PERNIKAHAN DALAM ISLAM
    Hikmah pernikahan dalam islam sebagai berikut :
1.       Pernikahan dapat membangun ikatan kekeluargaan,memelihara kehormatan,dan menjaga diri dari segala keharaman.
2.       Pernikahan dapat membuat ketenangan batin karena dengannya bias didapatkan kelembutan dan kasih saying diantara suami dan istri.
3.       Pernikahan merupakan jalan terbaik untuk memiliki anak dan memperbanyak keturunan sambil menjaga nasab yang dengannya bisa saling mengenal,bekerja sama,berlemah lembut,dan saling menolong.
4.       Pernikahan merupakan jalan terbaik untuk menyalurkan kebutuhan biologis,menyalurkan syahwat dengan tanpa risiko terkena penyakit.
5.       Pernikahan dapat membangun keluarga sakinah yang menjadi panutan bagi masyarakat.Suami akan berjuang dalam bekerja,member nafkah,dan menjaga keluarga,sementara istri mendidik anak, mengurus rumah tangga,dan mengatur penghasilan.Dengan demikian,akan terbentuk masyarakat yang damai dan sejahtera.
6.       Pernikahan dapat meneguhkan akhlak terpuji karena adanya seseorang dapat menjaga harkat dan martabatnya sebgai hamba Allah yang baik.
7.       Pernikahan menjadi motivasi agar semangat beribadah karena pasangan suami istri saling mengingatkan kesalahan dan kealpaan.Dengan menikah,satu sama lain member nasihat untuk menunaikan hak Allah dan Rasulnya.Lebih dari itu,hubungan biologis antara laki dan perempuan dalam ikatan suci pernikahan terhitung sebagai sedekah yaitu kebaikan yang mendapat balasan pahala.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar