Senin, 23 Januari 2023

Kelas 11 IPS 2

  GURU PENGAMPU       : H. RAHMATTULLOH, S.Pd. I

KD. 3.7 Menganalisis pelaksanaan taziah

        4.7 Menyajikan adab taziah


Tujuan Pembelajaran:

1. Memiliki kepedulian terhadap jenazah dalam kehidupan sehari-hari

2.Menjelaskan tata cara penyelenggaraan menurut hukum Islam

Takziyah dan Ziarah Kubur

A. Takziyah

Pengertian Takziah :

Menurut bahasa arti takziah adalah menghibur, sedangkan menurut istilah takziah adalah mengunjungi keluarga yang tertimpa musibah (kematian) untuk menujukkan rasa berduka cita.

Hukum takziah :

Takziah hukumnya sunat dari saat meninggal sampai sekitar tiga hari

Tujuan melakukan Takziah sebagai berikut :

a. Untuk memberi hiburan dan nasehat kepada ahli mayat supaya bersabar bagi keluarga yang di tinggalkan hendaknya menyadari bahwa kita akan kembali kepada Allah

b. Menganjurkan kepada ahli waris jangan berkeluh kesah karena ditinggalkan

c. Mendo’akan selalu untuk si mayat agar mendapat ampunan dari Allah

d. Memberikan bantuan moril dan matril untuk meringankan beban ahli mayat

B. Ziarah Kubur :

Menziarahi kuburan adalah  mengujungi tempat-tempat dimana dikuburkan ahli keluarganya atau orang-orang tertentu dengan maksud untuk membersihkan dan memperbaki kuburan tersebut. Namun yang ziarah kubur adalah salah satu jalan yang dapat membawa manusia untuk mengingatkan akan mati dan hari akhirat.

Sabda nabi Muhammad SAW

وعن بريدة بن الحصيب الأسلمى رض الله عنه قال :  قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : كنت نهيتكم عن زيارة القبور فزورها (رواه مسلم )

Artinya :Dari buraida bin Al-Hushaib Al-Aslami ia berkata : sabda Nabi SAW “ Dahulu aku pernah melarang kalian berziarah kubur, tetapi sekarang hendaklah kalian berziarah kubur (HR. Muslim)

عن ابي هريرة رض الله عنه قال :  زارالنبى صلى الله عليه وسلم قبرامه فبكى وابكى من حوله . فقال: استأ ذنت ربى ان استغفر لها يأذن لى. واستأذنته فى ان ازورقبرها فأذن لى فزورواالقبور فانها تذكر الموت ( رواه الجماعة )

Artinya : Dari abu Hamiah ia berkata : Nabi SAW berziarah kekubur  ibundanya, maka menangislah dan menangislah orang disekitarnya. Nabi berkata “ Aku minta izin kepada tuhan ku untuk memintakan ampunan bagi ibuku. Tuhan tidak mengizinkan aku berbuat demikian. Dan aku minta izin kepada Tuhan ku menziarahi kubur ibuku lalu tuhan mengizinkannya. Karena itu berziarahlah kekubur karena ziarah kubur itu dapat mengingatkan akan mati”(HR. Al-Jama’ah)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar