KISI-KISI SOAL
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester : XI/I
Kurikulum : 2013
No |
KD |
Materi |
Indikator Soal |
Level
Kognitif / Proses
Dimensi Kognitif |
No. Soal |
Bentuk Soal |
1 |
3.1.
Menganalisis makna Q.S. al-Maidah/5 : 48; Q.S.
an-Nisa/4: 59, dan Q.S. at-Taubah/9 : 105, serta Hadis tentang taat pada
aturan, kompetisi dalam kebaikan, dan etos kerja |
Q.S. at-Taubah/9 : 105 |
Disajikan penggalan ayat, peserta didik dapat
mengidentifikasi potongan ayat yang tepat untuk melengkapi penggalan ayat tersebut |
Pengetahuan dan Pemahaman |
1 |
PG |
Q.S. al-Maidah/5 : 48 |
Disajikan potongan ayat, peserta didik dapat
mengidentifikasi tajwid pada ayat tersebut |
Pengetahuan dan Pemahaman |
2 |
|||
Taat pada aturan |
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menentukan perilaku mulia
terkait ketaatan |
Aplikasi |
3 |
|||
Kompetisi dalam kebaikan |
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menentukan perilaku mulia
terkait kompetisi dalam kebaikan |
Aplikasi |
4 |
|||
Kompetisi dalam kebaikan |
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menentukan perilaku mulia
terkait kompetisi dalam kebaikan |
Aplikasi |
6 |
|||
Makna Q.S. al-Maidah/5 : 48 |
Disajikan dalil, peserta
didik dapat menganalisis isi kandungan dalil
tersebut |
Penalaran |
6 |
|||
Kompetisi dalam kebaikan |
Disajikan contoh kasus tentang kehidupan di masyarakat beserta dalil
Al-Qur’an, peserta didik dapat menganalisis penyelesaian kasus sesuai dengan
dalil yang ditetapkan |
Penalaran |
7 |
|||
2 |
3.2.
Menganalisis makna Q.S. Yunus/10 : 40-41 dan Q.S.
al-Maidah/5 : 32, serta Hadis tentang toleransi, rukun, dan menghindarkan
diri dari tindak kekerasan |
Makna Q.S. Yunus/10 : 40 |
Disajikan dalil, peserta didik mengindetifikasi
kandungan dalil tersebut |
Pengetahuan dan Pemahaman |
8 |
|
Q.S. Yunus/10 : 41 |
Disajikan potongan ayat, peserta didik memilih
arti dari potongan ayat tersebut |
Pengetahuan dan Pemahaman |
9 |
|||
Q.S. Yunus/10 : 40 |
Disajikan potong ayat
dan nama tajwid, peserta didik dapat menentukan jumlah tajwid yang terdapat
dalam potongan ayat tersebut |
Aplikasi |
10 |
|||
Menghindarkan diri dari
tindak kekerasan |
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat
menentukan contoh perilaku yang tidak sesuai dengan pernyataan tersebut |
Aplikasi |
11 |
|||
Toleransi |
Disajikan dalil, peserta didik dapat menemukan
isi kandungan yang tepat |
Penalaran |
12 |
|||
Toleransi |
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat
menyeleksi contoh perilaku yang tidak sesuai dengan pernyataan tersebut |
Penalaran |
13 |
|||
Kompetisi dalam kebaikan |
Disajikan salah satu contoh cara menghindari diri dari tindak kekerasan,
peserta didik dapat menyimpulkan alasannya |
Penalaran |
14 |
|||
3 |
3.3.
Menganalisis makna iman kepada kitab-kitab Allah Swt. |
Iman kepada kitab-kitab
Allah Swt. |
Disajikan pernyataan, peserta didik
mengidentifikasi dalil yang sesuai |
Pengetahuan dan Pemahaman |
15 |
|
Iman kepada kitab-kitab Allah Swt. |
Disajikan pernyataan, peserta didik menentukan
nama rasul yang sesuai dengan pernyataan tersebut |
Pengetahuan dan Pemahaman |
16 |
|||
Iman kepada kitab-kitab Allah Swt. |
Disajikan pernyataan, peserta didik menentukan
nama rasul yang sesuai dengan pernyataan tersebut |
Aplikasi |
17 |
|||
Iman kepada kitab-kitab Allah Swt. |
Disajikan pernyataan, peserta didik perbedaan
dari pernyataan tersebut |
Aplikasi |
18 |
|||
Kitab-kitab Allah Swt. |
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat
menganilisis kedudukan kitab Allah Swt. yang sesuai dengan pernyataan
tersebut |
Penalaran |
19 |
|||
Iman kepada kitab-kitab
Allah Swt. |
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat
menganilisis contoh perilaku yang sesuai dengan pernyataan tersebut |
Penalaran |
20 |
|||
Iman kepada kitab-kitab
Allah Swt. |
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat
menganilisis contoh perilaku yang sesuai dengan pernyataan tersebut |
Penalaran |
21 |
|||
4 |
3.4.
Menganalisis makna iman kepada rasul-rasul Allah Swt. |
Iman kepada rasul-rasul
Allah Swt. |
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat mengidentifikasi rukun iman
yang keberapa pernyataan tersebut |
Pengetahuan dan Pemahaman |
22 |
|
Rasul-rasul Allah Swt. |
Disajikan nama sikap, peserta didik dapat mengidentifikasi arti dari
sikap tersebut |
Pengetahuan dan Pemahaman |
23 |
|||
Rasul-rasul Allah Swt. |
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menentukan nama rasul yang
sesuai dengan pernyataan tersebut |
Aplikasi |
24 |
|||
Rasul-rasul Allah Swt. |
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menentukan perbedaan dari
pernyataan tersebut |
Aplikasi |
25 |
|||
Iman kepada rasul-rasul
Allah Swt. |
Disajikan contoh perilaku, peserta didik dapat menemukan yang merupakan
tanda-tanda beriman kepada rasul Allah Swt. |
Penalaran |
26 |
|||
Iman kepada rasul-rasul
Allah Swt. |
Disajikan cerita, peserta didik dapat mengkorelasikan hikmah berprilaku
beriman kepada kitab-kitab Allah Swt.
dengan cerita tersebut |
Penalaran |
27 |
|||
5 |
3.5.
Menganalisis makna syaja’ah (berani membela kebenaran)
dalam kehidupan sehari-hari |
Makna syaja’ah |
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat
mengidentifikasi jenis jujur yang tepat |
Pengetahuan dan Pemahaman |
28 |
|
Makna syaja’ah |
Disajikan nama perilaku, peserta didik memilih
jumlah pembagian perilaku tersebut |
Pengetahuan dan Pemahaman |
29 |
|||
Syaja’ah (berani membela
kebenaran) dalam kehidupan sehari-hari |
Disajikan ungkapan, peserta didik menentukan
jenis jujur yang tepat |
Aplikasi |
30 |
|||
Syaja’ah (berani membela
kebenaran) dalam kehidupan sehari-hari |
Disajikan nama perilaku, peserta didik menentukan
yang bukan pengertian perilaku tersebut |
Aplikasi |
31 |
|||
Syaja’ah (berani membela
kebenaran) dalam kehidupan sehari-hari |
Disajikan pernyataan, peserta didik menentukan
contoh kejujuran yang tidak sesuai dengan pernyataan berikut |
Aplikasi |
32 |
|||
Syaja’ah (berani membela
kebenaran) dalam kehidupan sehari-hari |
Disajikan cerita, peserta didik menganalisis
perilaku syaja’ah yang tepat |
Penalaran |
33 |
|||
Syaja’ah (berani membela
kebenaran) dalam kehidupan sehari-hari |
Disajikan cerita singkat, peserta didik dapat
menyimpulkan hikmah syaja’ah yang sesuai dengan cerita tersebut |
Penalaran |
34 |
|||
6 |
3.6.
Menganalisis perilaku hormat dan patuh kepada orangtua
dan guru |
Hormat dan patuh kepada
orangtua |
Disajikan pernyataan,
peserta didik mampu mengidentifikasi seseorang yang tepat dalam pernyataan
tersebut |
Pengetahuan dan Pemahaman |
35 |
|
Hormat dan patuh kepada
orangtua |
Disajikan
pernyataan, peserta didik mampu mengidentifikasi seseorang yang tepat dalam pernyataan
tersebut |
Pengetahuan dan Pemahaman |
36 |
|||
Hormat dan patuh kepada
orangtua |
Disajikan
pernyataan, peserta didik mampu menentukan yang bukan contoh perilaku yang
sesuai dengan pernyataan |
Aplikasi |
37 |
|||
Hormat dan patuh kepada guru |
Disajikan contoh
perilaku, peserta didik mampu menentukan manfaat dari perilaku tersebut |
Aplikasi |
38 |
|||
Hormat dan patuh kepada
orangtua dan guru |
Disajikan
pernyataan, peserta didik mampu menganalisis perbedaan dari pernyataan
tersebut |
Penalaran |
39 |
|||
Hormat dan patuh kepada
orangtua |
Ditampilkan
ilustrasi perilaku, peserta didik menyimpulkan ayat yang sesuai dengan
perilaku tersebut |
Penalaran |
40 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar